Съдържание:

Cara Menggunakan Wemos D1 R1/ Wemos D1 Mini/ NodeMCU: 7 стъпки
Cara Menggunakan Wemos D1 R1/ Wemos D1 Mini/ NodeMCU: 7 стъпки

Видео: Cara Menggunakan Wemos D1 R1/ Wemos D1 Mini/ NodeMCU: 7 стъпки

Видео: Cara Menggunakan Wemos D1 R1/ Wemos D1 Mini/ NodeMCU: 7 стъпки
Видео: How to install the new Blynk app | WeMos D1 ESP8266 with Blynk app | how to light led 2024, Юли
Anonim
Cara Menggunakan Wemos D1 R1/ Wemos D1 Mini/ NodeMCU
Cara Menggunakan Wemos D1 R1/ Wemos D1 Mini/ NodeMCU

Pada tutorial pertama ini, Saya ingin mengajak Anda bagaimana caranya menggunakan papan микроконтролер yang sudah ada Модул WiFi ESP8266 за даламня и Juga, обслужващ dijumpai (Contoh: Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, NodeMCU) даден Arg IDM. Бака урок ini dengan saksama, agar Anda dapat memahami tutorial ini. Dan jika Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakannya di kolom коментар/ diskusi di bawah:).

Консумативи

Алат дан Бахан:

  1. Papan Mikrokontroler Wemos D1 R1 / Wemos D1 Mini / NodeMCU
  2. Кабелни данни за микро USB пренос на медии за прехвърляне и по -голям ден

Стъпка 1: Kenapa Menggunakan модул WiFi ESP8266?

Alasannya cukup sederhana, yaitu murah dan mudah. Иначе, харта рата-рата папа микроконтролер яд съхран термасук модул WiFi ESP8266 за даланя берикисар антара Rp 30.000, 00 ~ Rp 75.000, 00. Cukup murah bagi Anda yang hobi dalam bereksperimen даlam bidang IoT tentunya. Ditambah penggunaan papan mikrokontroler seperti ini sangat mudah digunakan, terutama jika Anda sudah berpengalaman menggunakan papan микроконтролер продукти Arduino seperti Arduino Uno.

Стъпка 2: Menentukan GPIO Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU

GPIO diguanakan даlam menentukan пин за papan микроконтролер и akan diinsialisasikan за Arduino IDE. Contoh, pada papan микроконтролер Wemos D1 R1, GPIO дарен пин "D9", адала GPIO 2, артикул за използване и въвеждане на инисиализиран пин за прилагане на Arduino IDE, иконка за миггунакан щифт "D2" букан щифт "D9" падане Wemos D1 R1 merupakan щифт "D2" пада приложения Ardino IDE.

GPIO дапар джик денган cara melihatnya langusng di papan микроконтролер atau dengan membaca pinout dengan mencari datasheetnya.

Стъпка 3: Мемпрограма Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Di Arduino IDE

Мемпрограма Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Di Arduino IDE
Мемпрограма Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Di Arduino IDE

Отделно от това, че се представяте сами, използвайте Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini и NodeMCU, които са сами, като използвате микроконтролер Arduino. Освен това можете да инсталирате Arduino IDE, за да използвате и качвате кодените от Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini и NodeMCU. Namun ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, sebelum menulis dan meng-upload скица. Яйту:

  1. Pastikan версия Arduino IDE Anda berada pada версия 1.6.4 atau yang lebih baru.
  2. Инсталирайте драйвер CH340G, агарен микроконтролер и поставете идентификационни данни за Windows. (Изтегли).
  3. Инсталирайте борда на Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini и NodeMCU в Arduino IDE. Caranya: Пили меню „Инструменти“→ „Табло:„ Arduino/Genuino Uno ““→ „Мениджър на табла …“→ Ketik „ESP8266“пада с колонка на пенсия → Pilih yang dengan judul „esp8266 by ESP8266 Community“→ Pilih tombol „Install“.

Apabila Anda sudah selesai dengan langkah diatas, maka Anda sudah bisa menulis dan meng-upload kode ke papan mikrokontroler. Освен това можете да въведете в менюто „Примери“меню „Файл“.

Стъпка 4: Membuat Sketch Blynk Pada Arduino IDE

Membuat Sketch Blynk Pada Arduino IDE
Membuat Sketch Blynk Pada Arduino IDE
Membuat Sketch Blynk Pada Arduino IDE
Membuat Sketch Blynk Pada Arduino IDE

Освен това можете да добавите към ядрите Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, NodeMCU и микроконтролера за лайнния достъп до приложения Blynk. Приложения за стартиране на Android (Изтегляне) и iOS (Изтегляне). Sebelum menggunakan aplikasi Blynk, Anda harus registersi akun Blynk terlebih dahulu, Anda bisa melakukannya pada aplikasi Blynk.

Apabila Anda sudah meng-install appssi Blynk di perangkat Anda dan sudah melakukan registrasi, Anda harus menulis Sketch-nya terlebih dahulu pada aplikasi Arduino IDE atau juga bisa menggunakan example dari Blynk itu sendiri (Пример), disana Anda dapat меню да изпратите "Connection" serta memilih contoh sketch yang ingin Anda gunakan. Namun sebelum menulis и meng-upload скица, Anda harus meng-install terlebih dahulu library Blynk pada aplikasi Arduino IDE Anda, caranya:

В менюто „Инструменти“→ „Управление на библиотеки…“→ Включете „Blynk“в колонка за писане → Изтеглете „Blynk by Volodymyr Shymanskyy“→ Pilih tombol „Install“.

Стъпка 5: Mengendalikan Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Menggunakan Blynk

Mengendalikan Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Menggunakan Blynk
Mengendalikan Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Menggunakan Blynk
Mengendalikan Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Menggunakan Blynk
Mengendalikan Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Menggunakan Blynk
Mengendalikan Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Menggunakan Blynk
Mengendalikan Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, Dan NodeMCU Menggunakan Blynk

Setelah мембранна скица за Arduino IDE, секаран saatnya мембрана pengendali Wemos D1 R1, Wemos D1 Mini, и NodeMCU, за да използвате приложения Blynk, caranya:

  1. Buatlah "Project" baru dengan menekan tombol "Add Project" (lambang "+" di dalam lingkaran) → isi nama Project di kolom "Project Name" → Pilih papan mikrokontroler pada kolom "Choose Device" sesuai dengan skic yang telah dibuat sebelumnya → Pilih jenis koneksi pada kolom "Connection Type", който съдържа koneksi yang Anda inginkan. Използвайте Ethernet, Wi-Fi, USB, GSM, и Bluetooth → Изтеглете тема с „Тема“.
  2. Setelah itu, akan muncul notifikasi bahwa "Authe Token", суда dikirim ke email kit. Fungsi "Auth Token" е разделен на кода за усилване на проекта kita agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Още karenanya, jangan sampai Име мембагикан коде "Auth Token" kepada orang lain, atau menyebarkannya di Internet, karena kode "Auth Token" bersifat "Rahasia". код "Auth Token" ini juga harus dimasukkan ke dalam скица yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Anda sudah siap untuk membuat pengendali menggunakan appssi ini, yang Anda perlu lakukan selanjutnya adalah menambahkan „widget“sesuai dengan sektch yang dibuat sebelumnya (contoh: Button, Styled Button, Slider dll), добавете WMENOLID „.
  4. Selanjutnya, Anda dapat mengatur "widget" Anda dengan menekan "widget" yang telah dibuat. Disini Anda bisa mengatur Nama, Pin dari tool yang ingin dikendalikan, Kondisi (apabila berbentuk Button atau Slider), Mode (jika ada), Label Kondisi ON и OFF (apabila berbentuk Button atau Slider), Ukuran Font, и Warna Font.
  5. Apabila Anda sudah melakukan semua langkah-langkah diatas, Anda sudah bisa melakukan uji coba dengan menekan tombol "Play".

Стъпка 6: Уебсайт Yang Mungkin Membantu

  1. Пример Blynk:
  2. Драйвер CH340G:

Стъпка 7: Kesimpulan

Pada tutorial ini Anda sudah bisa menggunakan papan mikrokontroler dengan Module WiFi ESP8266 di dalamnya. Pada tutorial selanjutnya, Saya akan mengajak Anda untuk mencoba menggunakan Blynk lebih dalam lagi, serta melakukan отстраняване на проблеми tentunya.

Apabila ada yang Anda ingin tanyakan, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakannya di kolom коментар/ diskusi di bawah. Dan apabila Anda mempunyai kritik atau saran, jangan lupa untuk menyampaikannya juga.

Секиан, Теримакасих:)

Препоръчано: